jam..
lakukan lah yang terbaik agar kau mendapatkan yang terbaik pula

Minggu, 29 Mei 2011

Lari sambung atau lari estafet
Adalah salah satu lomba lari padaperlombaan atletik yang dilaksanakan secara begantian. Satu regupelari sambung terdiri dari 4 orang pelari. Dalam pelombaan larisambung  pelari  berlari  dengan  kecepatan  penuh  denganmemindahkan tongkat ke pelari berikutnya.                                          Perpindahan tongkat harusberada di dalam daerah yang disebut zona panjang 20 m. perpindahantongkat diluar zona tersebut regu dinyatakan gagal atau diskualifikasi.
v  Latihan teknik start
pelari kle 1 mengunakan start jongkok seperti start laari jarak pendek (sprint),pelari ke-2.3 dan ke-4 menggunakan start melayang  sebab pelari tidak adalam keadaan diam ketika menerima tonkat  tapi dalam keadaan berlari.
v  latihan teknik member dan menerima tongkat estapet
penggantian tongkat estapet pada saat lari estapet harus di lakukan di aderah pergantian (zona wasel)yang telah di tentukan sepanjang 20 meter. Apabila di lakukan di daerah pergantian tersebut ,pelari dinyatakan gagal.
Cara  Pengoperan  tongkat  dilakukan  dengan  dua  cara  yaitu:
v  cara  visual
Yaitu cara menerima tongkat estapet dengan menoleh ke belakang .cara ininlazim di gunakan pada nomor 4x400 meter.
v  Cara non visual
Pada pergantian tongkat estapet dengan cara nonvisual, penerima menerima tongkat estapet dengan tangan lurus ke belakang telapak tangan menghadap ke atas jika tongkat di berikan dengan tangan kiri maka ,pelari menerima tongkat estapet dengan tangan kanan ,dengan berada di sisi kiri lintasan apabila tongkat sudah dsi terima segera pindahkan ke tangan kiri kecuali untuk pelari ke 4tiodak perlu memindahkan tongkat.cara ini lazim di gunakan oleh pelaro 4x400
c. hal yang perlu di perhatikan dalam lari estapet
1.      Pemberian tongkat baiknya di lakukan dengan cara bersilang yaitu pelari 1 dan 2 memegang tongkat dengan tangan kanan dan pelari 2 dan 4 memegang tongkat dengan tangan kiri.
2.      Penempatan pelari hendaknya di tempatkan dengan ke istimewaan masing-masing
3.      Jarak pergantian pelari 2,3,4 harus benar benar di ukur dengan tepat seperti pada saat latihan .
4.      Setelah menerima tongkat estapet jangan segera keluar dari lintasan masing-masing
Peraturan pertandingan
1.      Panjang daerah pergantian pelari adalah 20 meter,1,20 m dan bagi pelari estapet ke 4 5400 meter di tambah dengan 10 meter prazona .prazona adalah temapt diamana pelari dapat mempercerpat larinya tetepi di sini tidak terjadi pergantioan tongkat.
2.      Setiap pelari harus tetapo tinggal di lintasan nya masing-masingmaskipun subah memberikan tongkatnya pad apelari lain apabila tongkat terjatuh maka pelari tersebut harus mengambilnya .
3.      Tongkat berukuran 28-30 cm diameter tongkat 33 mm,dan berat tongkat 50 g.
4.      Dalam lari estapet pelari pertama harus berlari sampai tingkungan pertama kemudian boleh masuk ke jalur lintasan dalam . kemudian perlari ke 3 da 4 menynggu di daerah pergantian secara bergantian sesuai dengan kedatangan pelari seregunya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar